Pelatihan E-Learning

  • Home
  • Berita
  • Pelatihan E-Learning
  • Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Salah satu upaya tersebut pada tanggal 11 Agustus 2018 mengadakan Pelatihan Elearning dengan mengundang narasumber Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MSc., PhD selaku Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Indonesia dan Baginda Anggun Nan Cenka, M.Kom dari Universitas Indonesia. Pelatihan ini dibuka oleh Ibu Dini M. Hutagalung, M.Sc.IT selaku Dekan Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi di Kampus Universitas Sari Mutiara Indonesia yang diikuti oleh para dosen dari berbagai program studi.

    Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman manfaat E-Learning dalam pembelajaran, antara lain :

    1. Pembelajaran lebih realistis dan kontekstual

    Manfaat yang bisa dirasakan dengan dengan pembelajaran menggunakan media E-learning adalah pembelajaran menjadi lebih realistis dan kontekstual. misalnya saja dalam penggunaan media proyektor dan LCD dalam pembelajaran, dengan menggunakan proyektor, apalagi yang telah disambung dengan komputer, dosen bisa memutar video sebagai bentuk belajar yang lebih realistis dan kontekstual. Dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran siswa bisa lebih memahami konsep yang dijelaskan oleh dosennya karena siswa bisa menyaksikan secara langsung melalui tayangan video.

    Beda halnya dengan metode pembelajaran konvensional yang sebagian besar hanya didominasi oleh konsep abstrak sehingga bisa saja membuat pemahaman materi pelajaran kurang maksimal. Akan tetapi beberapa materi pembelajaran sebenarnya juga ada yang cocok menggunakan metode konvensional dan sebagian lagi lebih cocok menggunakan pembelajaran dengan penerapan E-learning.

    Jadi semua tergantung dari kebutuhan, dan menggunakan metode konvensional dan E-learning sangat tergantung dari kapasitas seorang dosen dalam mendidik, jadi bisa disimpulkan bahwa kualitas dosen menjadi faktor utama suksesnya suatu pembelajaran.

    2. Penggunaan media E-Learning sangat efisien dan praktis

    Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan dengan menggunakan E-Learning dalam pembelajaran adalah lebih efisien dan praktis. Jika biasanya dosen harus membuat media pembelajaran dengan cara manual dan kemungkinan besar media pembelajaran yang dibuat tidak akan bertahan lama.

    Maka lain halnya jika dengan menggunakan media elektronik, selain media pembelajaran akan lebih tahan dan awet karena disimpan dalam bentuk file, selain itu untuk menggunakan

    3. E-learning lebih mudah dan praktis.

    Hanya perlu menyalakan laptop atau komputer dan disambungkan dengan proyektor, mahasiswa langsung bisa diperlihatkan materi-materi pelajaran yang akan dipelajari.

    4. Penggunaan E-Learning bisa menghemat biaya

    Selanjutnya manfaat dari E-Learning dalam pembelajaran adalah bisa lebih menghemat biaya operasional dalam proses pembelajaran. Dengan media E-Learning dosen tidak perlu lagi susah payah membuat media pembelajaran, karena beberapa media telah tersedia dalam berbagai bentuk digital dan banyak tersedia di internet.
    Jadi Dosen hanya perlu Googling di internet untuk mencari media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Kebayang bukan jika setiap kali akan mengajar dosen harus membuat media pembelajaran, hal tersebut pastinya akan sedikit menguras biaya dan waktu.

    5. E-Learning sebagai sumber belajar

    Jika dulu sumber belajar adalah buku, majalah dan melalui kegiatan pembelajaran langsung di alam namun saat ini dengan keberadaan media elektronik telah merubah gaya belajar siswa yang dulunya bersifat konvensional menuju kearah yang lebih efektif dan praktis.
    Media elektronik (
    E-learning) memiliki berbagai kelebihan dibandingkan sumber belajar seperti buku, majalah dan lain-lain yakni melalui media elektronik siswa bisa mengakses internet umtuk mencari materi pelajaran dari berbagai sumber sehingga pengetahuan siswa akan lebih kaya. Selain itu kemudahan dalam menemukan materi pelajaran melalui internet menjadi nilai plus tersendiri.

    6. Berfungsi sebagai media pembelajaran

    Manfaat media pembelajaran elektronik (E-learning) bagi dunia pendidikan selanjutnya ialah dengan keberadaan media pembelajaran elektronik pembelajaran akan lebih bervariasi. Jika selama ini dosen hanya bisa memaparkan teori atau gambar tentang materi pelajaran tertentu.

    Namun dengan adanya media pembelajaran elektronik materi pelajaran yang dulunya hanya dijelaskan dengan metode ceramah bisa disaksikan langsung dengan keberadaan internet melalui tayangan video misalnya melalui YouTube sehingga pembelajaran tidak terkesan sebatas konsep semata namun bisa membuat pembelajaran menjadi konkret sehingga pengalaman belajar siswa menjadi lebih berkesan.

    7. Membuat siswa lebih pekah dengan kemajuan teknologi

    Media pembelajaran elektronik (E-learning) adalah bukti kemajuan luar biasa dari peradaban manusia. Manfaat E-Learning bagi dunia pendidikan ialah melalui media pembelajaran elektronik (E-Learning) siswa akan menjadi lebih pekah terhadap teknologi sehingga mereka tidak gaptek (gagap teknologi).

    Namun jika tidak digunakan dengan bijak dan kurang mendapatkan bimbingan dari orang dosen maupun orang tua justru akan memberikan efek negatif bagi siswa. Sehingga siswa maupun dosen sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan media pembelajaran elektronik.

    8. Kelas online

    Jika dulu untuk bisa mengikuti pembelajaran harus berada dalam kelas dan melakukan tatap mata langsung dengan dosen maka dengan keberadaan media pembelajaran elektronik (E-Learning) khususnya komputer yang bisa digunakan untuk mengakses internet gaya belajar mengalami sedikit inovasi.

    Dengan adanya internet siswa tidak harus untuk hadir dalam kelas untuk mengikuti pembelajaran melainkan bisa mengikuti pembelajaran melalui bantuan internet yakni melalui kelas online. Jadi kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang layak semakin mudah dan efesien.

    9. Memudahkan pelaksanaan ujian

    Manfaat E-Learning Dalam Pembelajaran selanjutnya adalah dengan hadirnya pelaksanaan ujian berbasis komputer yang selain menghemat biaya pelaksanaan ujian juga meminimalisir kecurangan dalam ujian. Ujian berbasis komputer juga membuat proses pemeriksaan hasil ujian nasional yang selama ini membutuhkan waktu yang cukup lama menjadi lebih singkat dengan hasil yang akurat.

    10. Pembelajaran menjadi lebih meyenangkan.

    Manfaat lain dari E-Learning Dalam Pembelajaran adalah bisa membuat suasana pembelajaran lebih meyenangkan, hal tersebut tak lepas dari banyaknya media pembelajaran yang bisa digunakan untuk membuat pelajaran menjadi lebih seru dan menyanangkan. misalnya saja pemutaran video-video bertema pendidikan.

     

    Learn Management System yang digunakan memakai Moodle untuk penyusunan materi interaktif dengan memasukkan bahan dan materi ajar ke E-learning, membuat materi perkuliahan dari pertemuan pertama hingga UAS (16 kali pertemuan).

    Bagikan ke Sosial Media

    Tags: