SOSIALISASI SKKNI & DIGITAL TALENT 2019

  • Home
  • Berita
  • SOSIALISASI SKKNI & DIGITAL TALENT 2019
  • SOSIALISASI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL (SKKNI)

    DAN DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP

    Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si beserta staf  mengadakan sosialisasi SKKNI dan Digital Talent Scholarship kepada mahasiswa/i program studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia bertempat di ruang Computer Best Test (CBT) Gedung E Lantai III. Turut hadir dalam acara ini Ibu Dini M. Hutagalung, M.Sc.IT, selaku Dekan Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi dan bapak Burhanuddin Damanik, M.Kom selaku ketua program Studi Sistem Informasi didamping  para dosen program studi Sistem Informasi.

     

    Pada acara ini Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, memaparkan keberadaan dan wilayah  kerja yang meliputi Provinsi Aceh,  Sumatera Utara, Sumatera Barat ,  Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara dan Kalimantar Timur. BBPSDMP Kominfo mempunyai tugas melaksanakan pengembangan sumber daya manusia dan penelitian dan pengembangan bidang komunikasi dan informatika di wilayah kerja dan daerah perbatasan. Untuk melaksanakan tugas tersebut BPSDMP Kominfo menyelenggarakan fungsi:

    1. Penyusunan rencana dan evaluasi program dan anggaran;

    2. Penyiapan pelaksanaan kerja sama pengembangan sumber daya manusia dan penelitian dan pengembangan bidang komunikasi     dan informatika;

    3. Penyiapan pelaksanaan dan fasilitasi pengembangan sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika;

    4. Penyiapan pelaksanaan penelitian dan pengembangan bidang komunikasi dan informatika;

    5. Penyiapan pelaksanaan publikasi hasil penelitian dan pengembangan sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika;

    6. Penyiapan pelaksanaan penjaminan mutu dan pendayagunaan hasil penelitian bidang komunikasi dan informatika; dan

    7. Pelaksanaan urusan ketatausahaan, keuangan, rumah tangga, kepegawaian, dokumentasi dan pengelolaan barang milik negara.

     

    Aplikasi dari tugas tersebut, rangka penyiapan pelaksanaan kerja sama pengembangan sumber daya manusia dan penelitian dan pengembangan bidang komunikasi dan informatika, pada tahun 2019 akan diadakan Sertifikasi SKKNI di Kabupaten Asahan pada bulan Juli 2019  dan Nias Selatan pada bulan September 2019. Untuk itu diharapkan kepada mahasiswa program studi Sistem Informasi USM Indonesia terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Kabupten Nias Selatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Bidang yang akan disertifikasi meliputi  : Junior Network Administrator, Junior Web Developer Junior Mobile Programmer Junior Graphic Designer dan Junior Technical Support. Kegiatan ini diselenggarakan secara gratis.

    Disisi lain BBPSDMP Kominfo Medan  juga  menyelenggarakan  Digital  Talent  Scholarship   untuk  4  bidang,  yaitu :

    1. Vocational School Graduate Academy (VSGA)

    Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus untuk meningkatkan kompetensi bagi 5.225 orang lulusan SMK yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator.

    2. Program Fresh Graduate Academy (FGA)

    Program Fresh Graduate Academy (FGA) merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus pada enam (6) tema pelatihan yakni Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cloud Computing, Cybersecurity, Internet of Things, dan Machine Learning. Pelatihan ini ditujukan bagi 6.075 orang lulusan D3/D4/S1 bidang TIK dan MIPA yang belum bekerja, agar memiliki kompetensi secara profesional dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0.

     

    3. Program Coding Teacher Academy (CTA)

    Program Coding Teacher Academy (CTA) merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bagi 2.000 guru bidang TIK yang mengajar di SMK, SMA, Madrasah Aliyah dan SMALB negeri dan swasta. Program CTA bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dalam bidang pemrograman sehingga guru dapat mendidik dan mengajarkan kompetensinya kepada siswa/siswi di tempatnya mengajar. Program ini terbuka bagi PNS dan Non PNS.

    4. Program Online Academy (OA)

    Program Online Academy (OA) merupakan program beasiswa pelatihan kompetensi yang ditujukan kepada 13.000 peserta terpilih yang ingin meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

    Program Online Academy merupakan kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan perusahaan teknologi dunia seperti Amazon, Cisco, Google, dan Microsoft serta Lembaga Administrasi Negara yang bertujuan untuk mencetak SDM di bidang digital, khususnya keterampilan Android, Artificial Intelligence, Associate Cloud Engineer, Big Data, Cyber Security, Cyber Operations, Digital Policy, IT Essentials, Programming Operations In Python, dan Digital Skills*.

    Diakhir paparannya Kepala BBPSDMP Kominfo Medan mengharapkan peran aktif dari seluruh mahasiswa program studi Sistem Informasi USM Indonesia untuk mengikuti Sertifikasi SKKNI dan Digital Talent Scholarship.

    Selanjutnya pada acara penutupan Dekan Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi USM Indonesia mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan paparan dari kepala BBPSDMP Kominfo Medan, seraya berharap kerjasama yang baik akan terbina di masa yang akan datang, dan diakhiri dengan acara foto bersama. (BD).

    Bagikan ke Sosial Media

    Tags: